Waktu Terabik Membaca Surat (الْكَهْفِ ) Al kahfi dan Alasan Mengapa Dapat Melindungi Dari Fitnah Dajjal

surat alkahfi menjauhkan dari fitnah dajjal

Al-Qur’an merupakan Qalam Allah SWT yang tidak diragukan kebenarannya datang dari Allah, Setiap ayat yang disampai melalui malaikat Jibril terhadap Nabi Muhammad SAW memiliki pesan mendalam dan makna yang bisa diterima oleh akal. Setiap surat-surat-Nya memiliki keagungan, manfaat dan keutamaan tersendiri. Salah satunya adalah surat Al Kahfi yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan, terlebih jika surat ini dibaca pada Hari Jumat.


Mengapa ada kelebihan tersendiri jika di baca pada hari jumat? sebagaiman Hadist Nabi menyebutkan:

Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya ia akan diterangi oleh cahaya antara dua Jumat,” (HR Hakim 3349).

Muaz Ibnu Anas Al-Juhari, Nabi SAW bersabda: “Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

 Rasulullah SAW Bersabda: “Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).


3 Alasan Mengapa Al kahfi Sebagai Surat Yang Dapat Melindungi Dari Fitnah Dajjal

Pertama, karena di ayat ayat pertama dan ayat ayat terakhir surat Al Kahfi terkandung peristiwa peristiwa menakjubkan dan tanda tanda kebesaran Allah, yang jika di tadabburi maka seseorang tidak akan tergoda oleh fitnah Dajjal.

Kedua, karena kisah Ash Habul Kahfi yang ada di dalamnya dan peristiwa peristiwa ajaib yang mereka alami. orang yang meyakini kisah kisah tersebut tidak akan mereasa aneh atau terlena ketika berhadapan dengan fitnah Dajjal , ia tak akan terjebak ke dalam fitnahnya Alasan kedua ini hanya berlaku jika seseorang hafal seluruh surat Al Kahfi, sebab 10 ayat pertama tidak berbicara tentang kisah Ash habul kahfi hingga tuntas, tpi baru memulai kisahnya atau baru menyebutkan judul cerita Awal cerita yang dimulai pada 10 ayat pertama akan membawa seseorang untuk mengetahu isinya secara keseluruhan, hingga disebutnya 10 ayat pertama surat Al Kahfi dalam hadist ini adalah dalam rangka menstimulasi agar seseorang mau menghafalnya secara keseluruhan atau setidaknya menyelesaikan pada ayat yang berbicara kisah Ash habul Kahfi hingga selesai
 “Siapa membaca surat Al Kahfi seperti saat diturunkan kemudian ia keluar menemui Dajjal maka Dajjal tidak akan bisa menguasainya, atau Dajjal tidak punya kesempatan untuk mengalahkannya” (HR Al Hakim no 8562)

Ketiga,Keistimewaan yang hanya ada pada surat Al Kahfi. karena surat itu punya cahaya khusus yang tidak bisa dipadamkan oleh Dajjal, sebagaimana ayat Kursi punya cahaya khusus yang mampu mencegah setan mendekati orang yang membacanya, sebagaimana ayat ayat penutup Al Baqarah punya cahaya khusus yangdapat membuat pembacanya terlindungi dari segala bahaya di malam hari jika ia membacanya sebelum tidur “Siapa membaca bagian awal surat Al Kahfi dan bagian akhirnya, maka ia mendapatkan cahaya dari telapak kakinya hingga kepalanya dan siapa yang membacanya secara keseluruhan maka dia mendapatkan cahaya sleuruh antara langit dan bumi” (HR Ahmad no 15632)

Dari penjelasan-penjelasan di atas, sudah sepantasnya bagi orang islam untuk memiliki kemauan untuk membaca surat Al-Kahfi dan menghafalnya. Khususnya pada hari yang paling baik dan mulia, yaitu hari Jum’at. Semoga kita senantiasa di dalam lindungan Allah SWT dan di jauhkan dari Fitnah terbesar yaitu Dajjal.



Sumber refrensi: islampos,akhlakmuslim, litequran.net

credit image: bing.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel